Skip to main content

MENGANALISIS PENERAPAN E-GOVERNMENT PEMERINTAH NEGARA KANADA



Teknologi bukan lagi menjadi hal asing dewasa ini. Di era globalisasi seperti sekarang, kemajuan teknologi dan informasi telah menjadi sebuah kebutuhan tersendiri bagi individu untuk menunjang aktivitasnya. Pemanfaatan teknologi dan informasi dapat dijumpai dalam segala lini kehidupan masyarakat. Keberadaannya memiliki efek yang cukup besar bagi pola aktivitas masyarakat yang belakangan semakin tidak bisa terlepas dari teknologi dan informasi.

Kehidupan suatu negara dipengaruhi oleh berbagai macam hal, meliputi kondisi politik, sosial, hukum, dan sebagainya. Kesemua aspek tersebut tentunya memerlukan suatu sistem yang mampu mengintegrasikan keseluruhan kegiatannya sehingga mampu bersinergi satu sama lain membentuk iklim bernegara yang kondusif. Hal tersebut dapat dicapai salah satunya dengan bantuan teknologi informasi. Dalam kaitannya dengan pemerintahan, kemajuan teknologi dan informasi juga telah terbukti dapat menyumbang peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat seiring dengan berkembangnya E-government dalam praktik pemerintahan. Salah satu bentuk pemanfaatan kemajuan teknologi dan informasi dalam bidang pelayanan pemerintah yaitu adanya sistem pelayanan secara online (e-Service) dengan memanfaatkan jaringan internet yang dapat diakses masyarakat dengan mudah di mana saja dan kapan saja.

Salah satu negara yang telah menjalankan program e-Government adalah Kanada. Pemerintah negara Kanada menyadari betul akan hal pentingnya pemanfaatan teknologi informasi dalam segala aspek kehidupan sehingga pemerintah Kanada pun dengan gencarnya menerapkan teknologi informasi dan komunikasi di seluruh aspek pemerintahan, terutama dalam penyediaan pelayanan publik bagi warga negaranya. Pelayanan tersebut dilakukan dengan basis internet dan memberikan kemudahan bagi setiap masyarakat untuk melayani dirinya sendiri secara individu. Penyelenggaraan e-Government bagi Pemerintah Kanada bertujuan untuk memberikan informasi yang terbuka dan layanan prima berbasis online sehingga dapat tersedia secara terus menerus. Pemberian pelayanan oleh Pemerintah Kanada yang menunjukkan perbedaan secara signifikan dibandingkan dengan negara lain adalah dengan adanya survei secara online kepada setiap warga masyarakat terkait pelayanan publik yang diinginkan untuk disediakan oleh pemerintah.

Kanada terkenal sebagai salah satu negara maju di dunia. Hal ini didukung oleh ketersediaan sumber daya alam yang dimilikinya serta kegiatan perdagangan. Tidak heran jika Kanada memiliki tingkat industri yang tinggi, berteknologi maju, serta tersedianya bahan bakar fosil, energi nuklir hingga tenaga hidroelektrik. Bisa dikatakan jika kondisi perekonomian Kanada saat ini mendekati Amerika Serikat yakni dengan sistem ekonomi berorientasi-pasar, pola produksi, dan standar hidup tinggi. Seiring berjalannya waktu, sumber energi sudah dapat dihasilkan dan dimanfaatkan sendiri oleh Kanada. Hal ini terbukti dari tersedianya cadangan gas alam yang cukup banyak di pesisir timur dan tiga provinsi bagian barat.

Dalam melayani warga negaranya secara online, pemerintah Kanada memiliki suatu sistem pelayanan online satu pintu yang dinamakan Service Canada (https://www.canada.ca/en.html). Pelayanan ini memungkinkan warganya untuk mengakses berbagai jenis pelayanan dari satu alamat website. Hal ini merupakan terobosan yang cukup membanggakan bagi pemerintah Kanada karena telah berhasil menciptakan suatu pelayanan prima bagi masyarakatnya.

Service Canada diciptakan pada tahun 2005 dengan tujuan meningkatkan pelaksanaan program pemerintah dan pelayananan publik bagi warga negara Kanada, dengan membuat akses pelayanan yang lebih cepat, mudah, dan lebih nyaman. Service Canada  membantu warga Kanada menemukan informasi yang dibutuhkan pada layanan yang diinginkan dengan menawarkan single-window access ke berbagai program dan pelayanan dari Pemerintah Kanada bagi warga negara melalui lebih dari 600 titik pelayanan yang terletak di seluruh negeri, call center, dan internet.

Service Canada bertujuan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi semua warga Kanada. Tujuan yang ingin dicapai Service Canada adalah meningkatkan layanan dan menambahkan pelayanan baru secara berkelanjutan. Service Canada menyatukan semakin banyak layanan dari departemen federal dan lembaga di Negara Kanada. Selain itu, Service Canada juga membangun kemitraan dengan tingkatan lain pemerintahan dalam rangka penyediaan pelayanan publik bagi masyarakat. Lebih dari 32 juta warga Kanada dari semua lapisan masyarakat, termasuk pemuda, manula, orang Aborigin, orang cacat, dan warga baru Kanada dengan mudah dapat memperoleh akses ke layanan ini. Pelayanan ini menjangkau masyarakat di seluruh negeri, termasuk di pedesaan, dan lokasi-lokasi terpencil.

Berbagai jenis pelayanan bagi warga Kanada tersedia dan dapat diakses melalui situs web Service Canada. Pelayanan-pelayanan ini terbagi menjadi 12 subjek pelayanan, yaitu:

1.      Education and Training

2.      Employment

3.      Health

4.      Housing

5.      Immigration

6.      Income Assistance

7.      Legal Assistance

8.      Personal Documents

9.      Saving Plans

10.  Special Events

11.  Starting a Business

12.  Travel

 Selain itu, terdapat juga beberapa fitur yang disediakan oleh website e-government Kanada, yaitu :

·         Click!
Situs Web Service Canada (http://www.servicecanada.gc.ca/) menyediakan informasi tentang berbagai program dan layanan pemerintah dalam berbagai bentuk peralatan elektronik yang dapat digunakan untuk melakukan koneksi internet. Melalui situs Web Service Canada, warga Kanada dapat menemukan semua informasi yang dibutuhkan dengan cepat dan mudah, sekaligus melakukan transaksi dengan teknologi yang sudah terjamin keamanannya. Hal ini tentu saja sangat membantu warga Kanada untuk mendapatkan pelayanan di mana pun mereka berada. Selain itu, website ini tersedia dalam 2 versi bahasa, yaitu bahasa Inggris dan bahasa Perancis, sehingga masyarakat bisa memilih tampilan bahasa sesuai dengan kemampuan berbahasanya.

·         Call!
Service Canada membantu warga Kanada menemukan informasi yang dibutuhkan pada layanan yang diinginkan. Jika warga Kanada memiliki pertanyaan tentang suatu layanan tertentu, mereka dapat langsung nenghubungi Call Center untuk informasi umum tentang program-program dan layanan pemerintah. Nomor panggilan bebas pulsa yang bisa dihubungi yaitu: 1-800-622-6232. 

·         Visit!
Warga Kanada juga bisa pergi secara pribadi ke salah satu pusat layanan Kanada di seluruh negeri, di mana para warga tersebut bisa mendapatkan akses internet gratis, bantuan tentang cara menggunakan Web, dan jawaban dari para staf yang dilatih khusus untuk dapat menjawab hampir semua pertanyaan tentang layanan pemerintah dan manfaatnya. Selain itu juga ada layanan yang dinamakan layanan outreach, di mana layanan outreach ini membawa staf
Service Canada langsung ke masyarakat secara teratur dan terjadwal (misalnya, dua hari dalam seminggu). 

Setelah penulis bereksplorasi di web ­e-government Kanada, penulis dapat mengatakan bahwa implementasi e-Government di Kanada telah menunjukkan keberhasilan yang luar biasa. Penerapan pemerintahan elekronik dilakukan dalam rangka memberikan akses informasi yang luas dan penyediaan layanan prima berbasis online sehingga memungkinkan untuk dilakukan secara menerus. Program e-Government On-Line (GOL) yang diusung pemerintah Kanada menjadi terobosan baru dalam memberikan inisiatif layanan yang semakin terdepan sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan tuntutan kemajuan teknologi informasi. GOL tersedia dalam bentuk portal nirkabel pemerintah yang memungkinkan keseluruhan masyarakat dapat mengakses dengan mudah dan praktis serta memiliki fitur yang lengkap. Proyek GOL disempurnakan dengan diterbitkannya Service Canada pada tahun 2005 yang merupakan penyediaan layanan on-line yang disediakan oleh Pemmerintah Kanada dengan sistem jendela tunggal (single windows acces). Secara signifikan, Service Canada memberikan dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat yang merasa puas dengan pelayanan yang diberikan. Bagi sektor swasta, kemudahan dalam akses pelayanan dapat mempermudah proses bisnis dalam mempercepat pertumbuhan perekonomian. Keberhasilan Pemerintah Kanada dalam memberikan pelayanan berbasis on-line tidak hanya diakui oleh warga masyarakat yang merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan tetapi juga dinobatkan sebagai penyelenggara terbaik E-Government selama lima tahun berturut-turut menurut Accenture Annual E-Government Maturity Report yang diterbitkan pada tanggal 6 April 2005.

Comments